Tuesday 11 February 2014

Kegunaan Komputer dalam Kehidupan Sehari-hari

   

Kegunaan Komputer dalam kehidupan Sehari-hari –ketinggalan zaman akan melekat pada seseorang jika tidak dapat menggunakan laptop / komputer. Dilain bidang, iaitu bidang pekerjaan menuntut kebanyakan orang untuk dapat mengoperasikan komputer. Sebab dengan penggunaan komputer dapat mempercepat dan mempermudah suatu pekerjaan.


Alasan yang umum diutarakan kebanyakan orang tentang Kegunaan dan Manfaat Komputer iaitu :
1. Pekerjaan jadi lebih cepat dan mudah.
2. Membantu dalam berkomunikasi.
3. Sebagai alat menghibur diri.

Sebahagian besar orang akan mengatakan 3 alasan diatas. Sebenarnya Kegunaan dan Manfaat Komputer lebih dari sekedar 3 hal tersebut. Bahkan dengan penggunaan komputer saja dapat dijadikan USAHA, contohnya adalah Bisnes Online.
Sekarang mari kita bahaskan secara terperinci kegunaan dan manfaat komputer
1. Pekerjaan jadi Lebih Mudah dan Cepat

Dalam dunia pekerjaan, komputer mempunyai peranan sangat penting dalam membantu mempermudah dan mempercepat pekerjaan. Sebagai contoh, ketika belum ada komputer orang harus menggunakan mesin taip untuk menaip. Kertas akan diganti ketika ada kesalahan dalam penaipan. Namun dengan komputer kita dapat mengeditnya berulang-ulang tanpa harus membazirkan kertas. Dan dokumen / hasil taipan tersebut dapat disimpan dalam komputer.
2. Membantu Komunikasi

Dahulu hanya ada kemudahan telepon yang dapat dijadikan alat komunikasi kepada orang yang jauh, dan itupun kita hanya bisa mendengar suaranya saja. Tidak lebih.
Berbeza dengan zaman serba canggih sekarang ini, dengan penggunaan komputer dapat berkomunikasi dengan orang yang jauh dan dapat melihat wajahnya secara langsung sambil berbicara dengannya. Bahkan kita boleh kirim file, gambar dan video.
3. Alat Untuk Menghibur Diri

Hiburan termasuk suatu hal penting bagi peribadi seseorang, terutama disaat suntuk. Maka dengan komputer kita bisa mendengarkan lagu kegemaran dan juga dapat melihat video – video lucu yang banyak tersedia di internet (terutama di Youtube). Bagi yang hobi main game, bisa juga dengan komputer tanpa harus punya PS3 atau PSP.
4. Membantu Dunia Pendidikan

Proses belajar zaman sekarang dengan proses belajar zaman dulu sudah jauh berbeza. Kalau dulu umumnya orang hanya boleh belajar dari sekolah / pendidikan formal lainnya. Sekarang, kita boleh mengkaji informasi dari internet tentang segala pengetahuan. Mahasiswa mencari tugas kuliah umumnya dari internet.
Atau kita juga bisa belajar dari aplikasi – aplikasi yang sudah diinstall di komputer. Seperti Adobe Photoshop (untuk edit foto), Corel Draw (untuk design), dll.
5. Membantu Menemukan Informasi

Untuk manfaat yang satu ini kita perlu tambahan akses internet pada komputer. Sebab informasi yang kita perlukan hanya ada di dunia maya / internet. Contoh informasi yang bisa diperoleh iaitu :
- Informasi Jadwal Penerbangan
- Informasi Ilmu Pengetahuan Sekolah / Kuliah.
- Informasi Lowongan Pekerjaan
- Informasi Teknik Perbaikan Komputer, Kenderaan, dll
6. Membantu Membuka Usaha


Banyak sekali bidang usaha yang dapat kita mulai hanya dengan modal komputer, diantaranya iaitu :
- Membuka Kursus Komputer
- Bisnes Online
- Percetakan dan Sablon.
- Menjadi Programmer Freelance
- Rental Komputer
- Teknik / Install Komputer.

Selain Manfaat Komputer diatas, ada juga dampak negatif dari Kegunaan Komputer iaitu diantaranya :
1. Banyak orang (khususnya pelajar) yang terlarut dalam game / permainan kesukaannya sampai lupa pada tanggung jawab pokok diri mereka sendiri.
2. Ada lagi yang suka mengakses laman web yang terlarang misalnya laman web yang menyediakan konten lucah atau perjudian online.
3. Sering terjadi pencurian secara online atau penipuan (melalui laman web tertentu) yang dilakukan orang tidak bertanggung jawab.
4. Sebahagian programmer yang tidak bertanggung jawab bahkan mencuri data peribadi orang lain untuk kemudian digunakan untuk aksi kejahatan.

7 comments:

  1. numpang promo YA ADMIN DAN TEMAN TEMAN.
    POKER BETDANWIN ADALAH AGEN POKER YANG TERPERCAYA DAN TERAMAN.SEGERA DAFTARKAN ID
    ANDA DI POKER BETDANWIN DAN DAPATKAN PROMO SPECIAL DARI BETDANWIN YAITU
    PROMO REFERRAL 50 % BERLAKU UNTUK SEUMUR HIDUP DAN PROMO DEPOSIT 20 %.
    Mari bergabung bersama kami BetdanWin Permainan Poker Online Terbaik, Terpercaya
    dan Teraman di Indonesia.menangkan chips yang sebanyak banyaknya.BET NOW AND WIN NOW.
    kami tunggu kemenangan anda di WWW.BETDANWIN.COM atau hubungi livechat kami yang
    ramah dan siap membantu anda 24 jam.

    ReplyDelete
  2. nare kuthi mavanengela

    ReplyDelete
  3. http://tek-noko.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
  4. Yupsss, benar sekali. Komputer sangat bermanfaat bagi pekerjaan. Karena bisa menghemat waktu dan mengurangi kesalahan. Terimakasih untuk artikelnya :)

    Kenalkan saya Irene Chrismisel Tella, 1722500152 dari STMIK Atma Luhur.
    Jangan lupa kunjungi website kami di https://www.atmaluhur.ac.id

    ReplyDelete
  5. Yahh, terimakasih atas atruker nya min, benar sekali bahwa komputer sangat bermanfaat bagi pekerjaan manusia,karena bisa menghemat waktu dan mengurangi kesalahan

    Hay nama saya nindia putri 1722500056, kunjungi website kampus saya https://www.atmaluhur.ac.id/

    ReplyDelete
  6. Terimakasih kak artikelnya sangat membantu jadi saya banyak tahu kegunaan komputer dlm membanty pekerjaan. Perkenalkan nama saya edo herianto NIM 1722500169, kunjungi website kami https://atmaluhur.ac.id

    ReplyDelete
  7. terimakasih kaka artikelnya sangat bermanfaat tentang kegunaan komputer bagi kehidupan sehari2 terutama dalam melakukan pekerjaan.

    kunjungi website kampus saya ya https://www.atmaluhur.ac.id

    ReplyDelete